Skip to content

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) KELAS IX/9 SMP – RPP KE 6.2

November 24, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

SMP/MTs :

SMP Negeri

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) / Sejarah
Kelas/Semester : IX / Genap
Standar Kompetensi : 6   Memahami Usaha mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar : 6.2 Mendeskripsikan tragedi Nasional, peristiwa Madiun / PKI, DI/TII, G.30 S/PKI, dan konflik-konflik internalnya.
Indikator :
  • Mendeskripsikan terjadinya Madiun dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangannya.
  • Mendeskripsikan terjadinya DI/TII dan G.30 S/PKI, dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangannya.
  • Mendeskripsikan latar belakang poleksosbud sebelum terjadinya G 30 S/PKI
  • Mendeskripsikan terjadinya G.30 S/PKI, dan cara yang dilakukan pemerintah dalam penanggulangannya.
Alokasi Waktu :  8 jam pelajaran

A. Tujuan Pembelajaran   :

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  1. Menjelaskan latar belakang sosial, politik sebelum terjadi peristiwa PKI Madiun.
  2. Menjelaskan langkah-langkah Pemerintah RI dalam menanggulangi Pemberontakan PKI Madiun.
  3. Menjelaskan latar belakang sosial politik sebelum terjadinya peristiwa DI / TII.
  4. Menjelaskan langkah-langkah Pemerintah RI dalam menanggulangi Pemberontakan DI/TII
  5. Mengidentifikasi keadaan Poleksosbud sebelum terjadinya peristiwa G 30 S / PKI.
  6. Menyebutkan tokoh-tokoh yang terlibat dalam peristiwa G 30 S / PKI.
  7. Menyebutkan berbagai tindakan dalam menghadapi peristiwa G 30 S / PKI.

Materi Pembelajaran

1.Pemberontakan PKI Madiun dan cara penanggulangannya.

A. Latar belakang

1. Jatuhnya PM Amir Syarifudin yang kemudian bergabung dengan PKI

2. Datangnya pemimpin PKI, Muso dari luar negeri

3. Adanya kader-kader pendukung PKI di Madiun

B. Tujuan PKI

1.Mendirikan negara Republik Soviet Indonesia

2.Mengganti ideologi Pancasila dengan Komunis

3.Mengganti Pemimpin Soekarno-Hatta dengan Muso-Amir Syarifudin

C. Puncak Pemberontakan

Pada tanggal 18 September 1948 PKI berhasil memproklamasikan berdirinya Negara Republik    Soviet Indonesia di Madiun

D.Penanggulangan dari pemerintah

Mengadakan Operasi Militer :

  1. dari arah barat Madiun diserbu oleh pasukan devisi Diponegoro (Jateng)
  2. dari arah timur Madiun diserbu oleh pasukan devisi Brawijaya (Jatim)

2.Pemberontakan DI / TII dan cara penanggulangannya.

A.DI/TII di Jawa Barat

1. Latar belakang : Hijrahnya devisi Siliwangi ke Yogyakarta

2. Tujuan : Mendirikan Negara Islam Indonesia dan mengganti ideologi Pancasila dengan Ideologi Islam

3. Penumpasan : operasi militer (pagarbetis,baratayuda)

B DI/TII di.Jawa Tengah

1. Latar belakang : tidak mau mematuhi perjanjian untuk hijrah

2. Tujuan : Mendirikan Negara Islam Indonesia bagian dari DI/TII Jawa Barat

3. Penumpasan : operasi militer (banteng raiders,merdeka timur)

C.DI/TII di Aceh

1. Latar belakang : tidak mau Aceh menjadi karesidenan dibawah Sumatra Utara

2. Tujuan : Mendirikan Negara Islam Indonesia bagian dari DI/TII Jawa Barat

3. Penanggulangan: Musyawarah kerukunan rakyat Aceh (kenbali menjadi Propinsi)

D.DI/TII di Sulawesi Selatan

1. Latar belakang : menuntut agar semua gerilyawan yang ada di Sulawesi Selatan diangkat menjadi TNI

2. Tujuan : Mendirikan Negara Islam Indonesia bagian dari DI/TII Jawa Barat

3. Penumpasan : operasi militer oleh Devisi Siliwangi

3.Peristiwa G 30 S / PKI dan cara penanggulangannya.

A.Kondisi Indonesia sebelum terjadi pemberontakan

1.Kondisi Ekonomi : Krisis ekonomi inflasi

2.Kondisi Social  : aksi sepihak yang didalangi oleh PKI

3.Kondisi Politik  : Nasakom, poros Yakarta-Peking, pembubaran kekuatan politik yang anti PKI

B.Pelaksanaan Pemberontakan

1.Pasukan Penculik : bertugas menculik perwira tinggi TNI AD yang anti PKI

2.Pasukan Perebut Kota : bertugas menguasai tempat-tempat penting di Jakarta

3.Pasukan Penjaga Basis Pemberontakan : bertugas menjaga keamanan lapangan Halim Perdana Kusuma

C.Penumpasan

Pasukan yang setia pada Pancasila RPKAD berhasil merebut kembali tempat-tempat penting yang telah dikuasai oleh G 30 S/PKI termasuk menguasai lapangan Halim Perdana Kusuma.

Metode  Pembelajaran

Diskusi kelompok

Tanya jawab

Penugasan

Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Materi  : Pemberontakan PKI Madiun dan cara penanggulangannya.

a.   Pendahuluan

Memeriksa kehadiran dan kerapian siswa

Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan

Di Propinsi manakah letak Kota Madiun.

Apa yang kamu ketahui tentang hal-hal yang khas dari Kota Madiun.

Apersepsi

Banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di Madiun yang perlu kita ketahui.

b.  Kegiatan inti

  • Guru I : membantu siswa membentuk kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 anak
  • Guru II : Membantu pembentukan kelompok.
  • Guru I: membagikan masalah tentang peristiwa PKI Madiun pada masing-masing kelompok.
  • Guru I :membantu siswa untuk mengerjakan tugas kelompok.
  • Guru II : Mengamati dan memberikan nilai pada anak yang aktif diskusi
  • Guru I  : Memandu Tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Guru I  : Memandu tanya jawab antar kelompok
  • Guru II: Mengamati dan memberikan nilai pada anak yang aktif diskusi

c.    Penutup

Guru I : memandu siswa menyimpulkan masalah peristiwa PKI Madiun

Guru I : membimbing siswa untuk merefleksikan kegiatan belajar

Penugasan individu untuk mempelajari materi pelajaran berikutnya.

Pertemuan II

Materi  : Pemberontakan DI/TII dan cara penanggulangannya.

a.   Pendahuluan

Memeriksa kehadiran dan kerapian siswa

  1. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan
    1. Tunjukkan dimana letak propinsi Jawa Barat pada peta.
    2. Apa yang kamu ketahui tentang hal-hal yang khas dari daerah Jawa Barat.

3.   Apersepsi

Banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di Jawa Barat yang perlu kita ketahui.

b.  Kegiatan inti

  • Guru I :membantu siswa berkumpul pada kelompoknya masing-masing.
  • Guru I :membagikan masalah tentang peristiwa DI/TII pada masing-masing kelompok. .  a.Kelompok 1,2 : Latar belakang, tujuan,  penumpasan pemberontakan DI/TII Jawa Barat    .  b.Kelompok 3,4 : Latar belakang, tujuan, penumpasan pemberontakan DI/TII Jawa Tengah .  c. Kelompok 5,6 : Latar belakang, tujuan, penumpasan pemberontakan DI/TII Aceh             .  d. Kelompok 7,8 : Latar belakang, tujuan dan penumpasan pemberontakan DI/TII Sulawesi Selatan
  • Guru I : memandu membantu siswa untuk mengerjakan tugas kelompok.
  • Guru II: Mengamati dan memberikan nilai pada anak yang aktif diskusi
  • Guru I : memandu kelompok 2 mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru I : memandu kelompok 4 mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru I : memandu kelompok 6 mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru I : memandu kelompok 8 mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru II : Mengamati dan memberikan nilai pada anak yang aktif diskusi

c.    Penutup

Guru I:memandu siswa menyimpulkan masalah peristiwa DI/TII

Guru I :membimbing siswa untuk merefleksikan kegiatan belajar

Penugasan individu untuk mempelajari materi pelajaran berikutnya.

 

Pertemuan III

Materi  : Keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya sebelum terjadi peristiwa G 30 S / PKI

a.   Pendahuluan

Memeriksa kehadiran dan kerapian siswa

Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan

  1. Tunjukkan dimana letak ibu kotaJakarta pada peta.
  2. Apa yang kamu ketahui tentang hal-hal yang khas dari kotaJakarta.
  3. Apersepsi

Banyak peristiwa bersejarah yang terjadi di Kota Jakarta yang perlu kita ketahui.

b.  Kegiatan inti

  • Guru I :membantu siswa berkumpul pada kelompoknya masing-masing.
  • Guru I :membagikan masalah tentang keadaan sebelum terjadi peristiwa G 30 S PKI   .  a.Kelompok 1,2,3:Kondisi ekonomi Indonesia sebelum  peristiwa G 30 S PKI                       .  b. Kelompok 4,5:Kondisi sosial dan budaya Indonesia sebelum terjadinya peristiwa G 30 S PKI                                                                                                                                             .  c. Kelompok 6,7,8:Kondisi politik Indonesia sebelum terjadinya peristiwa G 30 S PKI
  • Guru I: memandu membantu siswa untuk mengerjakan tugas kelompok.
  • Guru II: membantu siswa untuk bekerjasam dalam kelompok
  • Guru I : memandu kelompok 2 mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru I : memandu kelompok 4 mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru I : memandu kelompok 6 mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru II : Mengamati dan memberikan nilai pada anak yang aktif diskusi

c.    Penutup

-          Guru memandu siswa menyimpulkan masalah peristiwa DI/TII

-          Guru membimbing siswa untuk merefleksikan kegiatan belajar

-          Penugasan individu untuk mempelajari materi pelajaran berikutnya.

Pertemuan IV

Materi  : Terjadinya peristiwa G 30 S / PKI dan penanggulangannya

a.   Pendahuluan

  1. Memeriksa kehadiran kebersihan dan kerapian siswa
  2. Memotivasi dengan mengajukan pertanyaan
    1. Tunjukkan dimana tempat-tempat penting di Jakarta.
    2. Apersepsi

Banyak tempat-tempat penting di Jakarta yang perlu kita ketahui.

b.  Kegiatan inti

  • Guru I : membantu siswa berkumpul pada kelompoknya masing-masing.
  • Guru I : membagikan masalah tentang berlangsungnya peristiwa G 30 S PKI dan cara penanggulangannya  . a.Kelompok 1,2,3,4 : Membahas langkah-langkah yang dilakukan oleh pemberontak untuk memenangkan pemberontakan G 30 S/PKI                                       .  b.Kelompok 5,6,7,8 : Membahas langkah-langkah yang dilakukan oleh pasukan TNI Angkatan Darat yang setia Pancasila untuk menumpas pemberontakan G 30 S/PKI
  • Guru I: memandu membantu siswa untuk mengerjakan tugas kelompok.
  • Guru II: membantu siswa untuk bekerjasam dalam kelompok
  • Guru I : memandu kelompok 1 mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru I : memandu kelompok 3 mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru I : memandu kelompok 5 mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru I : memandu kelompok 7 mempresentasikan hasil diskusinya
  • Guru I : memberi kesempatan kelompok lain untuk tanya jawab
  • Guru II : Mengamati dan memberikan nilai pada anak yang aktif diskusi

c.    Penutup

-          Guru memandu siswa menyimpulkan berlangsungnya peristiwa G 30 S PKI dan cara penanggulangannya

-          Guru membimbing siswa untuk merefleksikan kegiatan belajar

-          Penugasan individu untuk mempelajari materi pelajaran berikutnya.

E.  Sumber dan Media Pembelajaran

1.   Buku paket sejarah yang relevan

2.   Peta

F.  Penilaian

1.  Tes tulis            ( terlampir )

2.  Penugasan         ( terlampir )

Mengetahui,

Kepala SMP/MTs ……………………………..                     Guru Mata Pelajaran,

____________________________                             __________________________
Penilaian I

 

I.   Tes Tulis

Materi  : Pemberontakan PKI Madiun dan cara penanggulangannya.

Jawablah dengan tegas

  1. Sebutkan tokoh-tokoh pemberontakan PKI di Madiun !
  2. Apa tujuan pemberontakan PKI di Madiun !
  3. Sebutkan tindakan-tindakan yang dilakukan oleh pemberontakan PKI di Madiun !
  4. Jelaskan penderitaan rakyat yang diakibatkan oleh pemberontakan PKI di Madiun !
  5. Sebutkan cara-cara yang dilakukan pemerintah dalam rangka menanggulangi pemberontakan PKI di Madiun !

II. Tugas Rumah

Mengumpulkan data-data yang berupa materi, gambar, foto-foto, peta sejarah yang berkaitan dengan erat dengan pemberontakan PKI di Madiun dan cara penanggulangannya

No Nama Siswa Aspek Yang Dinilai Jumlah Skor Nilai
1 2 3
1
2
3
4
5
Dst

Keterangan :                                                                            Skor

1. Kebenaran materi, gambar, foto-foto, peta sejarah               2

2. Kerapian data-data yang terkumpul                                     2

3. Ketepatan waktu mengumpulkan                                         4

jumlah skor maksimum                                   10

Penilaian II

Materi  : Pemberontakan DI/TII dan cara penanggulangannya.

  1. Apa yang menjadi penyebab terjadinya pemberontakan DI/TII Jawa Barat ?
  2. Apa tujuan dari pemberontakan DI/TII ?
  3. Sebutkan di daerah-daerah mana saja terjadi pemberontakan DI/TII
  4. Jelaskan penderitaan rakyat yang diakibatkan oleh pemberontakan DI/TII
  5. Sebutkan cara-cara yang dilakukan pemerintah dalam rangka menanggulangi pemberontakan DI/TII di Jawa Barat !

II. Tugas Rumah

Mengumpulkan data-data yang berupa materi, gambar, foto-foto, peta sejarah yang berkaitan dengan erat dengan pemberontakan PKI di Madiun dan cara penanggulangannya

No Nama Siswa Aspek Yang Dinilai Jumlah Skor Nilai
1 2 3
1
2
3
4
5
Dst

Keterangan :                                                                            Skor

1. Kebenaran materi, gambar, foto-foto, peta sejarah               2

2. Kerapian data-data yang terkumpul                                     2

3. Ketepatan waktu mengumpulkan                                         4

Jumlah skor maksimum                                   10

Penilaian II

Materi  : Pemberontakan DI/TII dan cara penanggulangannya.

  1. Apa yang menjadi penyebab terjadinya pemberontakan DI/TII Jawa Barat ?
  2. Apa tujuan dari pemberontakan DI/TII ?
  3. Sebutkan di daerah-daerah mana saja terjadi pemberontakan DI/TII
  4. Jelaskan penderitaan rakyat yang diakibatkan oleh pemberontakan DI/TII
  5. Sebutkan cara-cara yang dilakukan pemerintah dalam rangka menanggulangi pemberontakan DI/TII di Jawa Barat !

II. Tugas Rumah

Siswa mengumpulkan data-data sejarah (materi, gambar, peta) yang berhubungan dengan pemberontakan DI/TII.

No Nama Siswa Aspek Yang Dinilai Jumlah Skor Nilai
1 2 3
1
2
3
4
5
Dst

Keterangan :                                                                            Skor

1. Kebenaran data-data sejarah                                                 4

2. Kerapian data-data yang terkumpul                                     3

3. Ketepatan waktu mengumpulkan                                         3

Jumlah skor maksimum                                   10

Penilaian III

Materi  : Keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya sebelum terjadi G 30 S / PKI

  1. Tes Tulis
    1. Sebutkan 3 partai politik besar yang ada sebelum terjadi peristiwa G 30 S / PKI !
    2. Jelaskan tindakan-tindakan PKI untuk menyisihkan TNI AD dari panggung politik Indonesia !
    3. Bagaimana cara PKI membawa politik luar negeri Indonesia agar cenderung berhaluan komunis ?
    4. Sebutkan ormas (organisasi masa) yang berada di bawah kekuasaan PKI !
    5. Apa yang kamu ketahui tentang ajaran NASAKOM ?
  1. Tugas Rumah

Siswa mengumpulkan data-data sejarah (materi, gambar / foto, peta) yang menjelaskan keadaan politik, ekonomi, sosial dan budaya sebelum terjadinya peristiwa G. 30 S/PKI.

No Nama Siswa Aspek Yang Dinilai Jumlah Skor Nilai
1 2 3
1
2
3
4
5
Dst

Keterangan Aspek                                                                  Skor

1. Kebenaran data                                                                     4

2. Kerapian data-data yang terkumpul                                     3

3. Ketepatan waktu mengumpulkan                                         3

Jumlah skor maksimum                                   10

 

 

 

 

 

 

Penilaian IV

Materi  : Terjadinya peristiwa G 30 S / PKI dan penumpasannya.

I.   Tes Tulis

  1. Kapan peristiwa terjadi G 30 S / PKI terjadi dan di kota mana tempat terjadinya ?
  2. Siapa pemimpin PKI yang menculik para Jenderal ?
  3. Sebutkan nama-nama tokoh TNI yang diculik pada peristiwa G 30 S / PKI !
  4. Terangkan jalannya peristiwa G 30 S / PKI !
  5. Jelaskan TNI AD untuk menumpas G 30 S / PKI !
  1. Tugas Rumah

Siswa mengumpulkan data-data yang berupa materi, gambar, foto-foto, peta yang berhubungan dengan peristiwa G. 30 S/PKI.

No Nama Siswa Aspek Yang Dinilai Jumlah Skor Nilai
1 2 3
1
2
3
4
5
Dst

Keterangan Aspek                                                                  Skor

1. Kebenaran data                                                                     4

2. Kerapian data-data yang terkumpul                                     3

3. Ketepatan waktu mengumpulkan                                         3

Jumlah skor maksimum                                   10

About these ads

From → RPP IPS

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: