RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN IPS KELAS IX/KELAS 9 SMP – RPP KE 5
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
SMP/MTs | : |
SMP Negeri 1 Sutojayan |
Mata Pelajaran | : | Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) |
Kelas/Semester | : | IX / Genap |
Standar Kompetensi | : | 5. Memahami hubunganmanusia dengan bumi |
Kompetensi Dasar | : | 5.1 Menginterpretasi peta tentang bentuk dan pola muka bumi. |
Indikator | : |
|
Alokasi Waktu | : | 4 jam pelajaran |
|
- Tujuan Pembelajaran
- Mengidentifikasi bentuk muka bumi daratan dan perairan
- Menggambar penampang melintang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut.
- Mendiskripsikan pola dan bentuk muka bumi suatu obyek geografis.
- Mendiskripsikan pola-pola aktivitas manusia sehubungan dengan pola dan bentuk muka bumi obyek geografis sesuai dengan bentang alamnya.
- Materi Pembelajaran
- Menganalisa bentuk muka bum,I pada peta. Relief muka bumi sercara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu : Relief daratan dan relief dasar laut.
- Bentuk muka bumi daratan yaitu berupa gunung , pegunungan, dataran rendah, dataran tinggi, lereng, lembah sungai, danau, pantai, lipatan dan patahan.
- Menganalisa bentuk muka bum,I pada peta. Relief muka bumi sercara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu : Relief daratan dan relief dasar laut.
- Bentuk muka bumi dasar laut yaitu paparan, Shelf, Lereng benua (continental slope ), Basan atau lubuk, gunung laut, palung laut, ambang laut, punggung laut.
- Kenampakan pada peta dapat digolongkan mejadi dua yaitu Kenampakan buatan dan kenampakan alamiah.
Kenampakan buatan adalah kenempakan yang dibuat oleh manusia jalan kereta api, Bandar udara, perumahan dll.
Kenampakan alamiah adalah kenampakan asli misalnya gunung, Pegunungan, laut, sungi, dataran tinggi, dataran rendah.
- Methode Pembelajaran
Pendekatan : Pakem
Metode : Diskusi, Unjuk kerja
- Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
- Pendahuluan. 10’
Memeriksa kehadiran siswa
Apresepsi : Perhatikan Globe berikut!. Bagaimanakah bentuk
Permukaan bumi?
Motivasi :siswa diminta untuk mengamati bentuk muka
Bumi yang tidak rata pada globe
- Kegiatan Inti.
- Guru membagi siswaq dalam kelompok-kelompok kerja 5’
- Tiap-tiap kelompok mengamati peta yang berbeda :
– Kelompok satu mengamati peta Indonesia.
– Kelompok dua mengamati peta Vietnam.
– Kelompok tiga mengamati peta Singapura
– Kelompok empat mengamati peta Thailand
- Tiap-tiap kelompok menulikan bentuk muka bumi
Yang berhasil ditemukan dan menulis penjelasannya menurut hasil diskusi kelompok
- Dari bentuk-bentuk muka bumi yang berhasil
Ditemukan dalam peta masing-masing, siswa melakukan interpretasi atau penafsiran kondisi wilayah tersebut.
- Guru meminta sebagian siswa dari satu keloimpok
Untuk berkunjung dari satu kelompok ke kelompok lain dan sebagian lain jadi tuan rumah bagi kelompoknya.
- Siswa saling berkunjung kekelompok lain dan
Memberikan komentar atau tanggapan peda kertas kerja kelompok yang dikunjunginya.
- Siswa yang menjadi tuan rumah bertugas memberikan
Jawaban atas segala pendapat yang diberikan kelompok lain. 45’
- Hasil dari masing-masing kelompok dipajang didepan
Kelas
- Guru menunjuk tim kelas untuk menyimpulkan
Jawaban kelas 10’
- Penutup 20’
- Guru memberikan umpan balik/ feet back untuk memberi penguatan terhadap kesimpulan jawaban.
- Guru memberi daftar pertanyaan untuk dijawab siswa.
- Guru memberi informasi materi pelajaran untuk pertemuan berikutnya
Pertemuan 2
- Pendahuluan 10’
Mengecek kehadiran siswa
Apersepi : Sebutkan bentuk-bentuk muka bumi yang ada
didaratan dan penampakannya pada peta
Motivasi :Salah satu cara agar kita mengetahui bentuk muka
bumi adalah dengan cara menggambar penampang
diagramnya secara melintang
- Kegiatan Inti
- Guru memberitahukan kegiatan belajar hari ini yaitu menggambar diagram/ penampang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut
- Guru menjelaskan langkah-langkah kerja yang harus dikerjakan siswa 5’
- Maing-masing siswa menggambar openampang bentuk muka bumi dan dasar lautr pada kertas HVS
- Siswa memberi nama bagian-bagian penampang bentuk muka bumi daratan dan dasar laut yang telah digambarnya dan memberikan pengertiannya.
- Guru memandu siswa untuk melaksanakan diskuikelas tentang gambar yang tepat dan penjelasan yang tepat
- Guru memberikan criteria penilaian untuk gamnbar yang telah dibuat oleh siswa
- Siswa secara berpasanganm bergantian menilai gammbar yang telah dibuatnya yang diberikan oleh guru
- Gambar dan kriteria penilaian yeng telah diisi dikumpulkan guru 55’
- Penutup 20’
1) Guru memberi kuis/ pertanyaan lisan dan memberikan penilaian pada siswa yang mampu menjawab
2) Guru menutup pelajaran danmemberikan informasi mengenai kegiatan belajar berikutnya.
Pertemuan 3
- Pendahuluan 10’
Mengeceh kehadiran siswa
Apersepsi : Sebutkan bentu-bentuk muka bumi daratan!
Sebutkan bentu-bentuk muka dasar laut!
Motivasi : Menjelaskan bahwa bentuk-bentuk permukaan
Bumi adalah salah satu obyek yang dipelajari
Geografi
- Kegiatan Inti
1) Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
2) Guru memberi tugas siswa untuk mengkaji bukudan membuat skema mengenai obyek yang dipelajari Geografi.30,
3) Setelah selesai, guru memberikan peta suatu wilayah kepada semua kelompok
4) Siswa berdiskusi untuk mendiskripsikan obyek-obyek geografi yang nampak pada peta tersebut, misalnya bentuk permukaan bumi, persebaran sungai, danau, laut, cuaca,iklim, dll.
5) Siswa berdiskusi untuk mendiskripsikan pola-pola aktivitas manusia ehubungan dengan obyek geografi yang berhasil ditemukan
6) Kelas dibimbing oleh guru menemukan kesimpulan hasil diskusi 30’
- Penutup 20’
Guru memberikan penguat dengan memberikan pertanyaan pada siswa
Guru memberikan kesempata kep[ada siswa untukmemberikan refleksi
- Sumber belajar
1) Buku paket Pengetahuan Sosial kelas IX Depdiknas
2) Buku IPS penerbit Intan Pariwara
3) Buku IPS penerbit Tiga Serangkai
4) Peta umum/Atlas/ Globe
5) Peta Tematik
- Penilaian
- Teknik Penilaian
1) Tes tertulis
2) Tes unjuk kerja produk
3) Tugas kelompok
- Instrument penilaian
1) Tes tertulis
- Bentuk muka bumi pada peta yang berupa alur garis menggambarkan apa?
- Apakah perbedaan gunung dan pegunungan?
- sebutkan jenis-jenis garis yang menghubungkan tempat-tempat yang memiliki kesamaan.!
- Sebutkan bentuk-bentuk muka bumi dasar laut!
- Bagaimanakah pola aktivitas manusia yang tinggal disekitar sebuah danau yang besar?
2) Tes unjuk kerja.
Gambarlah penampang bentuk muka bumi daratan dan dasar lautpada kertas!
3) Tugas kelompok.
Amati peta masing-masing berdasarkan obyek-obyek geografi yang berkasil ditemukan oleh kelompokmu, diskripsikan pula aktivitas manusia berkaitan dengan obyek geografi tersebut !
- Kunci jawaban
1) Tes tertulis
- Menggambarka kenampakan sungai, jalan dan
Batas wilayah
- Gunung mempunyai satu puncak gunung , memilikiketinggian 1500 m keatas.
Pegunungan : Adalah kumpulan dari beberapa gunungan.
- a. Isohiet yaitu garis-garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang
memiliki curah hujan yang sama.
b. Isobar yaitu garis-garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang
mempunyai tekanan udara yang sama
c. Isobath yaitu garis-garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang
mempunyai kedalaman yang sama
d. Iotherm yaitu garis-garis pada peta yang menghubungkan tempat- tempat yang
mempunyai suhu yang sama
- Lereng benua ( continental slope )
- Basin
- Punggung
- Palung ( TROG )
- amabang
- Laguna
- Gunung
- Sebagian besar penduduk hidup dengan bermata pencaharian budidaya perikanan disekitar danau
Berdagang disekitar danau karena danau sebagai tempat pariwisata
Pelayanan jasa perahu untuk wisata didanau
2) 1.
2.
Sutojayan, 09 Januari 2012
Mengetahui,
Kepala SMP N 1 Sutojayan Guru Mata Pelajaran,
Drs. HARJITO, M.Pd ANDRIE ASTUTIK, M.Pd
NIP. 19651010 198903 1 020 NIP. 19710821 200604 2 013