Skip to content

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) IPS KELAS IX/9 SMP – RPP KE 6.1

November 24, 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

 

SMP/MTs : SMP Negeri 1 Sutojayan
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) / Sejarah
Kelas/Semester : IX / Genap
Standar Kompetensi : 6.  Memahami Usaha mempertahankan Republik Indonesia
Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan perjuangan Bangsa Indonesia merebut Irian Barat
Indikator : –          Menguraikan latar belakang pengembalian Irian Barat

–          Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dan konfrontasi politik, ekonomi dalam upaya pengembalian Irian Barat.

–          Mendeskripsikan persetujuan New York.

Alokasi Waktu : 4 jam pelajaran

  1. A.     Tujuan Pembelajaran   :

Setelah selesai melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :

  1. Menguraikan latar belakang pengembalian Irian Barat
  2. Mengidentifikasi perjuangan diplomasi dan konfrontasi politik, ekonomi dalam upaya pengembalian Irian Barat.
  3. Menjelaskan pelaksanaan Trikora untuk merebut Irian Barat.
  4. Menguraikan hasil-hasil persetujuan New York.

 

  1. B.     Materi Pembelajaran
    1. Menguraikan latar belakang pengembalian Irian Barat                                                      . Menurut KMB, masalah Irian Barat akan dibicarakan paling lambat setahun setelah pengakuan kedaulatan. Faktanya Belanda tetap bercokol di Irian Barat  setelah setahun berlalu . Belanda ingin tetap menguasai Irian Barat dan tidak mau menyerahkannya ke Indonesia. Hal ini membuat Indonesia berjuang untuk pembebasan Irian Barat.
    2. Perjuangan diplomasi dan konfrontasi politik ekonomi dan politik dalam mengupayakan kembalinya Irian Barat                                                                                                     . Langkah-langkah Diplomasi :                                                                                           . A.Perundingan langsung dengan Belanda .                                                                        .  Berkali-kali Indonesia mengajak Belanda untuk mengadakan perundingan langsung dengan Belanda. Namun usaha ini mengalami kegagalan karena Belanda tetap bersikeras ingin menguasai Irian Barat. Bahkan pada bulan Agustus 1952 dengan persetujuan Parlemen secara sepihak Belanda Memasukan Irian Barat ke dalam wilayah Kerajaan Belanda. Reaksi Indonesia adalah Menghapus Misi Miiter Belanda bulan April 1953.                                                         B.Diplomasi PBB                                                                                                                        Dalam forum PBB, Indonesia membawa masalah Irian  Barat ke Sidang Majelis Umum PBB. Hasilnya banyak negara-negara terutama dari Blok Barat yang mendukung Belanda. Kemudian pada tahun 1955 Indonesia mengadakan KAA untuk mendapatkan dukungan dari Asia Afrika. Pada wak tu Indonesia membawa masalah Irian Barat ke Sidang Umum PBB kita belum dapat mendapat dukungan dari 2/3 anggota yang hadir.                                                             C.Konfrontasi politik dan ekonomi                                                                              . 1.Pembubaran Uni Indonesia-Belanda secara sepihak                                                          .  Belanda tidak pernah mematuhi perjanjian KMB mengenai Irian Barat  maka Indonesia memutuskan secara sepihak Uni Indonesia-Belanda                                                 .  2.Nasionalisasi Perusahaan Belanda di Indonesia                                                   .            Nederlandsche Handel Maatschappij yang kemudian berganti Bank Dagang Negara, Bank Escompto, Perusahaan Phillip dan KLM                                                                            .  3.Pembentukan Provinsi Irian Barat                                                                                        .  Pembentukan Propinsi Irian Barat dengan ibukota Soasiu (Maluku Utara) tanggal 17 Agustus 1956 dengan gubernurnya sultan Tidore yaitu Zaenal Abidin Syah

 

 

  1. Trikora (Tri Komando Rakyat)                                                                                               .  A.Latar Belakang                                                                                   .                           1.Belanda mempersiapkan berdirinya Negara Papua                                                         .  2.Belanda mengirimkan kapal induk Karel Doorman di perairan Irian Barat                           3.Belanda memperkuat angkatan darat dan udara di Irian Barat                                                B.Isi Trikora                                                                                                                            .  1.Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda                                            2.Kibarkan Sang Merah Putih di Irian Barat, tanah air Indonesia                                 .  3.Bersiaplah untuk mobilisasi umum guna mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah   air dan bangsa                                                                                                                           C.Operasi Militer                                                                                                                          1.Tahap Infiltrasi (penyusupan)                                                                                            .  2.Tahap Eksploitasi (Merebut dan menduduki pos-pos militer Belanda di Irian Barat)      .  3.Tahap Konsolidasi (meletakan kekuasaan Republik Indonesia secara mutlak di Irian Barat)
  2. Persetujuan New York dan pelaksanaan Pepera.                                                        A.Tanggapan masyarakat Dunia terhadap perjuangan pembebasan Irian Barat         .  Serangkaian operasi militer Komando Mandala menggempur pertahanan Belanda di Irian Barat. Berbagai dukungan sebagai wujud simpatik terhadap perjuangan Indonesia bermunculan       .

B.Isi Persetujuan New York                                                                                           .  1.Selambat-lambatnya tanggal 1 Oktober 1962 Belanda menyerahkan Irian Barat kepada UNTEA(United Nation Temporary Executive Authority)                                                        2.Pasukan Indonesia yang berada di Irian Barat tetap tinggal di Irian Barat dibawah kekuasaan UNTEA                                                                                                                                      3.Angkatan perang Belanda berangsur-angsur ditarik dan dikembalikan ke negeri Belanda  4.Bendera Indonesia berkibar di samping bendera PBB sejak tanggal 31 Desember 1962  .  5.Pemerintah RI akan menerima pemerintahan Irian Barat dari UNTEA selambat-lambatnya 1 Mei 1963                                                                                                                                    C.Pepera (Penentuan Pendapat Rakyat)                                                                                         Tahun 1969 dilakukan Pepera yang hasilnya rakyat Irian Barat ingin bergabung dengan Republik Indonesia Irian Barat kembali ke pangkuan NKRI.

 

  1. C.    Metode  Pembelajaran
    1. Ceramah bervariasi
    2. Diskusi
    3. Tanya jawab

 

  1. D.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1

Materi  :  latar belakang pengembalian Irian Barat, perjuangan diplomasi dan konfrontasi politik ekonomi dalam mengupayakan kembalinya Irian Barat

a.   Pendahuluan

–          Apersepsi   :  coba berikan pendapatmu, apa yang kamu ketahui tentang Irian Barat

–                                (penduduk,flora fauna,bentang alam dsb.)!

–          Motivasi     :  ditampilkan gambar peta Irian Barat dan siswa mulai diarahkan tentang pelajaran lalu mengenai perjanjian antara Indonesia dan Belanda yang ada hubungannya dengan wilayah Irian Barat

 

b.  Kegiatan inti

  • Guru I  : Mengarahkan siswa untuk membaca buku materi dan mengamati gambar-gambar yang berkaitan dengan perjuangan  mengembalikan Irian Barat.
  • Guru I  : Membagi kelas dalam 8 kelompok                                                                       .  Kelompok 1,2 : Latar belakang Indonesia menuntut pembebasan Irian Barat dari kekuasaan Belanda                                                                                                              . Kelompok 3,4,5 : Usaha diplomasi yang dilakukan Indonesia dalam rangka pembebasan Irian barat                                                                                                                            .  Kelompok 6,7,8 : Konfrontasi politik dan ekonomi yang dilakukan Indonesia dalam rangka pembebasan Irian barat
  • Guru II : Membantu guru I mengatur pembentukan kelompok beserta tempat duduknya
  • Guru I  : Membimbing jalanya diskusi kelompok di tempatnya masing-masing
  • Guru II : Memberikan nilai terhadap jalanya diskusi kelompok
  • Guru I  : Memberi kesempatan pada masing-masing kelompok dari tema yang berbeda untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya serta membuka seson tanya jawab antar kelompok.
  • Guru II : Mengamati dan memberi nilai keaktifan siswa
  • Guru I  : Memberi kesempatan pada siswa untuk tanya jawab siswa dengan guru
  • Guru II : Mencatat pertanyaan-pertanyaan para siswa

 

c.    Penutup

  • Guru I  : Menyimpulkan jalanya pelaksanaan diskusi
  • Refleksi: Siswa mengungkapkan kesan terhadap pentingnya keutuhan Negara RI

 

 

Pertemuan II

Materi  :  Latar Belakang lahirnya (Trikora), isi Trikora, Operasi Militer, Persetujuan New York dan pelaksanaan Pepera

 

a.   Pendahuluan

–          Apersepsi : siswa diberi pertanyaan “Jelaskan bagaimana caranya agar Irian Jaya dapat dibebaskan dari tangan Belanda!”

 

–                                              Motivasi   : Siswa diberikan penekanan tentang pentingnya cara diplomasi dalam pengembalian Irian Barat.

 

b.  Kegiatan inti

  • Guru I  : siswa diarahkan untuk mempelajari Trikora, Persetujuan New York dan Pepera
  • Guru I  : Membagi kelas dalam 8 kelompok                                                                       .  Soal 1 : peristiwa-peristiwa yang melatarbelakangi dikeluarkanya Trikora                                                                                                         Soal 2 : Strategi yang diterapkan oleh militer Indonesia agar Operasi Militernya berhasil membebaskan Irian Barat                                                                                                                           Soal 3 : Jelaskan peranan PBB dalam menyelesaikan masalah di Irian Barat

Soal 4 : Jelaskan hasil dari Pepera

  • Guru II : Mengamati dan memberi nilai keaktifan siswa dalam berdiskusi
  • Guru I  : Memberikan kesempatan pada kelompok 1 untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
  • Guru I  : Memberikan kesempatan pada kelompok lain menanggapi kelompok 1
  • Guru I  : Memberikan kesempatan pada kelompok 8 untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya (sebagai pembanding)
  • Guru I  : Memberikan kesempatan pada kelompok lain menanggapi kelompok 8
  • Guru II  : Memberikan nilai keaktifan siswa.

 

c.    Penutup

  • Guru I : Memberikan sanjungan terhadap siswa yang aktif diskusi dan mendorong yang belum untuk aktif di pertemuan berikutnya
    • Refleksi        :  Siswa menyimpulkan tentang betapa pentingnya peranan PBB dalam mengatasi masalah pembebasan Irian Barat..

 

  1. E.     Sumber dan Media Pembelajaran
    1. Peta
    2. Buku sejarah pegangan siswa dan buku referensi :
      1. Buku Paket IPS Sejarah Kelas 3 (2006)
      2. Pelajaran Pengetahun Sosial Kelas IX Edisi 2006
  2. F.      Penilaian
    1. Tes tulis                 ( terlampir )
    2. Rubrik                         ( terlampir )

 

Lampiran Penilaian

Penilaian

Materi        : Perjuangan Pembebasan Irian Barat

Tes tulis     : Uraian

 

Jawab dengan jelas.

  1. Sebutkan  perjuangan diplomasi Indonesia dalam rangka pembebasan Irian Barat !
  2. Sebutkan Konfrontasi politik dan ekonomi yang dilakukan Indonesia terhadap Belanda dalam rangka merebut Irann Barat !
  3. Bagaimanakah hasil Pepera(Penentuan Pendapat Rakyat) di Irian Barat?

 

Materi : Pembebasan Irian Barat

Lembar penilaian :

No Nama Siswa Aspek Yang Dinilai Jumlah Skor Nilai
1 2 3
1            
2            
Dst            

 

Keterangan :                                        Skor

1. Disiplin                                            0 – 100

2. Keaktifan                                         0 – 100

3. Kerjasama                                        0 – 100

4. Hasil                                                0 – 100

 

 

 

 

…………………….,

Mengetahui,

Kepala SMP/MTs ……………………………..                     Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

___________________________                              ________________________

From → RPP IPS

Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: